Publik dan Stakeholder
Isi Tugas ini adalah hasil review saya dari beberapa
literatur komunikasi, meski tidak semua buku berhubungan langsung dengan inti dari
Publik dan Stakeholder namun, beberapa diantaranya menurut saya sudah
menyinggung apa itu pengertian publik dan stakeholder secara garis besar. Saya
akan menulis beberapa Pengertian tentang Publik dan Stakeholder menurut para
Ahli, lalu di bagian akhir saya akan mencoba menyimpulkan apa itu Inti dari
Publik dan Stakeholder.
Publik
·
Publik menurut menurut
Guth & Marsh, yang terkenal dalam pernyataannya:
“any Group of people who share Common Interest or values in a particular
situation espescially interest or value they might be willing act upon,”, (Estaswara, 2010:12)
·
Johnston dan
Zawawi (2000) mendefinisikan Publik sebagai berikut:
“Any Groups of people who share Interest or Concerns”.
(Johnston dan Zawawi. 2000:4)
·
Publik : Publik adalah kumpulan dari Orang - orang
atau pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan. (Khasali: 1994)
·
Publik : kelompok individu yang tertarik dan berbagi
terhadap suatu isu, organisasi,atau ide. (Fraser, 2001:12)
·
Publik : Kelompok atau Orang yang berkomunikasi dengan
suatu organisasi baik secara internal maupun eksternal (Jefkins : 2004)
·
Publik dalam
Public Relation menurut Kriyantono (2008:2) mempunyai beberapa ciri :
o Mempunyai kepentingan atau perhatian yang sama
terhadap suatu isu atau objek tertentu. Kepentingan atau perhatian ini mengikat
anggota publik secara emosional.
o Tidak harus berada dalam satu wilayah satu geografis.
Publik bisa berada dalam tempat yang berjauhan dan tidak saling mengenal.
·
Pembagian Publik menurut
Grunig (1992) berdasarkan aktivitasnya adalah berikut :
o Aal issue Public, yakni Publik yang aktif dalam
keseluruhan masalah
o Apathetic Publics, yakni Publik yang tidak tertarik pada
keseluruhan masalah
o Single Issue Publics, yakni Publik yang aktif pada
bagian tertentudari suatu masalah
o Hot Issue Publics, Publik yang aktif pada isu isu
tertentu menyangkut kepentingan umum. Publik ini biasanya mendapat dukungan
dari media massa
Stakeholder
Definisi Stakeholder juga saya dapatkan dari beberapa
Ahli yang memuat dalam beberapa Literatur Komunikasi :
§ Pembagian Stakeholder menurut Freeman dalam Grunig (1992)
dalam contoh sebuah perusahaan dibedakan menjadi 2 :
·
Stakeholder
internal : Owner/Pemegang Saham, Direktur, Karyawan dsb.
·
Stakeholder
Eksternal : Pemasok, Media Massa, Audience, sektor bawahan, Fans, Pesaing dsb.
§ Definisi Stakeholders adalah setiap kelompok yang
berada di dalam maupun luar perusahaan yang mempunyai peran dalam menentukan
perusahaan (Khasali:1994), dan terbagi ke dalam beberapa bagian :
o
Stakeholders Internal dan stakeholders eksternal.
o
Stakeholders primer,
sekunder dan marjinal.
o
Stakeholders tradisional
dan stakeholders masa depan.
o
Proponents, opponents, dan uncommitted
o
Silent majority dan vokal
minority.
Untuk lebih
lengkap definisi penjelasannya bisa langsung dirujuk pada literatur Manajemen
PR: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia:1994 oleh
Renald Khasali.
§ Mars dan Guth juga menyampaikan penjelasan dari
stakeholder dalam pernyataannya:
“ When a public has a relationship with its
organizations, the public is called a stakeholder, meaning that it has a stake
in its organization or in an issue potentiallyinvolveving its organizations”. (Estaswara, 2010:2)
§ Werther
dan Candler (Estaswara, 2010:32) membagi stakeholder perusahaan
menjadi tiga kelompok, stakeholder organisasi, economic stakeholder dan societal stakeholder.
Berdasarkan Penjelasan dari
definisi diatas saya mengambil kesimpulan sebagai berikut, keduanya akan saya
definisikan dalam konteks Public Relations :
Publik : Adalah sekelompok orang yang memiliki kepentingan
dan perhatian yang sama tergantung sudut pandang menilainya serta publik juga
tidak harus menetap di satu wilayah yang sama, ex: penonton yang menonton iklan
silverqueen di tayangan tv. Penonton yang menonton bisa juga dikatakan audiens
atau publik, publik juga tidak harus menetap di suatu tempat yang sama , karena
penonton juga tidak mungkin berada dalam satu wilayah yang sama. Audiens
cenderung menerima pesan melalui media, sedangkan publik menerima pesan dalam
berbagai sarana komunikasi.
Publik juga terbagi
menjadi beberapa kategori, menurut publik aktiv dan l dikategorikan menjadi 3,
meskipun berbeda beda dalam penggolongannya Publik pada intinya tetap
digolongkan publik aktif dan publik pasif (laten). Lalu menurut kepentingannya
publik digolongkan menjadi publik eksternal dan publik internal .
Stakeholder : adalah gabungan dari individu atau
seklompok orang yang mempunyai kepentingan terkait dengan tujuan, kebijakan,
keputusan perusahaan. Menurut saya Stakeholder menurut kepentingannya dapat
dibedakan menjadi 2, stakeholder internal dan eksternal. Stakeholder internal :
Manajer, karyawan, Pmegang saham dsb , sedangkan stakeholder eksternal : media masa,
publik yang tertarik, lembaga yang berkaitan, pemerintahan yang mengambil
andil.
Demikian kesimpulan yang bisa saya dapat dari Penelitian
ini, lebih kurangnya saya mohon maaf.
Daftar
Pustaka :
Estaswara,
H, 2010. Stakeholder Relations.
Jakarta: Universitas Pancasila
Johnston & Zawawi. 2000. PR Theory And Practice.,
Australia: Allen dan Unwin
Renald, K, 1994 Manajemen PR: Konsep dan
Aplikasinya di Indonesia, Jakarta : Pustaka Umum Grafiti
Seitel,
F, P, 2001, The Public Relations.
8 th ed. Upper Saddle River, N.J. : Prentice Hall
Jefkins,
F, 2004, Public Relation, Edisi
Kelima, Jakarta : PT.Erlangga
Kriyantono,
R, 2008. Public Relation Writing,
Jakarta, Kencana Prenada Media Group
Komentar
Posting Komentar