Publik dan Stakeholder



Isi Tugas ini adalah hasil review saya dari beberapa literatur komunikasi, meski tidak semua buku berhubungan langsung dengan inti dari Publik dan Stakeholder namun, beberapa diantaranya menurut saya sudah menyinggung apa itu pengertian publik dan stakeholder secara garis besar. Saya akan menulis beberapa Pengertian tentang Publik dan Stakeholder menurut para Ahli, lalu di bagian akhir saya akan mencoba menyimpulkan apa itu Inti dari Publik dan Stakeholder.

  Publik

·         Publik menurut menurut Guth & Marsh, yang terkenal dalam pernyataannya:
“any Group of people who  share Common Interest or values in a particular situation espescially interest or value they might  be willing act upon,”, (Estaswara, 2010:12)

·         Johnston dan Zawawi (2000) mendefinisikan Publik sebagai berikut:
“Any Groups of people who share Interest or Concerns”. (Johnston dan Zawawi. 2000:4)

·         Publik : Publik adalah kumpulan dari Orang - orang atau pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan. (Khasali: 1994)
·         Publik  : kelompok individu yang tertarik dan berbagi terhadap suatu isu, organisasi,atau ide. (Fraser, 2001:12)

·         Publik  : Kelompok atau Orang yang berkomunikasi dengan suatu organisasi baik secara internal maupun eksternal (Jefkins : 2004)

·         Publik dalam Public Relation menurut Kriyantono (2008:2) mempunyai beberapa ciri :

o   Mempunyai kepentingan atau perhatian yang sama terhadap suatu isu atau objek tertentu. Kepentingan atau perhatian ini mengikat anggota publik secara emosional.
o   Tidak harus berada dalam satu wilayah satu geografis. Publik bisa berada dalam tempat yang berjauhan dan tidak saling mengenal.
·         Pembagian Publik menurut Grunig (1992) berdasarkan aktivitasnya adalah berikut :

o   Aal issue Public, yakni Publik yang aktif dalam keseluruhan masalah
o   Apathetic Publics, yakni Publik yang tidak tertarik pada keseluruhan masalah
o   Single Issue Publics, yakni Publik yang aktif pada bagian tertentudari suatu masalah
o   Hot Issue Publics, Publik yang aktif pada isu isu tertentu menyangkut kepentingan umum. Publik ini biasanya mendapat dukungan dari media massa


Stakeholder

Definisi Stakeholder juga saya dapatkan dari beberapa Ahli yang memuat dalam beberapa Literatur Komunikasi :

§  Pembagian Stakeholder menurut Freeman dalam Grunig (1992) dalam contoh sebuah perusahaan dibedakan menjadi 2 :
·         Stakeholder internal : Owner/Pemegang Saham, Direktur, Karyawan dsb.
·         Stakeholder Eksternal : Pemasok, Media Massa, Audience, sektor bawahan, Fans, Pesaing dsb.
§  Definisi Stakeholders adalah setiap kelompok yang berada di dalam maupun luar perusahaan yang mempunyai peran dalam menentukan perusahaan (Khasali:1994), dan terbagi ke dalam beberapa bagian :
o   Stakeholders Internal dan stakeholders eksternal.
o   Stakeholders primer, sekunder dan marjinal.
o   Stakeholders tradisional dan stakeholders masa depan.
o   Proponents, opponents, dan uncommitted
o   Silent majority dan vokal minority.
Untuk lebih lengkap definisi penjelasannya bisa langsung dirujuk pada literatur  Manajemen PR: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia:1994 oleh Renald Khasali.
§  Mars dan Guth juga menyampaikan penjelasan dari stakeholder dalam pernyataannya:
 “ When a public has a relationship with its organizations, the public is called a stakeholder, meaning that it has a stake in its organization or in an issue potentiallyinvolveving its organizations”. (Estaswara, 2010:2)
§  Werther dan Candler (Estaswara, 2010:32) membagi stakeholder perusahaan menjadi tiga kelompok, stakeholder organisasi, economic stakeholder  dan societal stakeholder.

Berdasarkan Penjelasan dari definisi diatas saya mengambil kesimpulan sebagai berikut, keduanya akan saya definisikan dalam konteks Public Relations :
            Publik : Adalah sekelompok orang yang memiliki kepentingan dan perhatian yang sama tergantung sudut pandang menilainya serta publik juga tidak harus menetap di satu wilayah yang sama, ex: penonton yang menonton iklan silverqueen di tayangan tv. Penonton yang menonton bisa juga dikatakan audiens atau publik, publik juga tidak harus menetap di suatu tempat yang sama , karena penonton juga tidak mungkin berada dalam satu wilayah yang sama. Audiens cenderung menerima pesan melalui media, sedangkan publik menerima pesan dalam berbagai sarana komunikasi.
Publik juga terbagi menjadi beberapa kategori, menurut publik aktiv dan l dikategorikan menjadi 3, meskipun berbeda beda dalam penggolongannya Publik pada intinya tetap digolongkan publik aktif dan publik pasif (laten). Lalu menurut kepentingannya publik digolongkan menjadi publik eksternal dan publik internal .
            Stakeholder : adalah gabungan dari individu atau seklompok orang yang mempunyai kepentingan terkait dengan tujuan, kebijakan, keputusan perusahaan. Menurut saya Stakeholder menurut kepentingannya dapat dibedakan menjadi 2, stakeholder internal dan eksternal. Stakeholder internal : Manajer, karyawan, Pmegang saham dsb , sedangkan stakeholder eksternal : media masa, publik yang tertarik, lembaga yang berkaitan, pemerintahan yang mengambil andil.

            Demikian kesimpulan yang bisa saya dapat dari Penelitian ini, lebih kurangnya saya mohon maaf.  


Daftar Pustaka :


Estaswara, H, 2010. Stakeholder Relations. Jakarta: Universitas Pancasila
Johnston & Zawawi. 2000. PR Theory And Practice., Australia: Allen dan Unwin
Renald, K, 1994 Manajemen PR: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Jakarta : Pustaka Umum Grafiti
Seitel, F, P, 2001, The Public Relations. 8 th ed. Upper Saddle River, N.J. : Prentice Hall
Jefkins, F, 2004, Public Relation, Edisi Kelima, Jakarta : PT.Erlangga
Kriyantono, R, 2008. Public Relation Writing, Jakarta, Kencana Prenada Media Group











           


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Komunikasi Bisnis Gojek

Review Film "The Circle" 2017